Tandok adalah alat hantaran atau wadah yang terbuat dari anyaman bayon atau pandan. Dalam Bahasa Batak menganyam disebut mangaletek. Ukuran tandok ini bervariasi, mulai dari kapasitas isi 2 liter, 3 liter, 5 liter hingga 10 liter dan masing-masing seserahan disesuaikan dengan upacara adat yang dikunjungi.

Bagi orang Batak, tandok adalah bagian penting dan digunakan pada saat upacara adat dan seremonial lainnya. Pada umumnya anyaman ini digunakan sebagai tempat beras atau padi yang akan dibawa sebagai hantaran ke upacara adat tertentu.

Cara membawa tandok adalah dengan cara dijungjung, dan diturunkan saat akan menyerahkan hantaran kepada keluarga yang melangsungkan upacara adat tersebut. Dan hanya kaum ibulah yang menjunjung tandok disemua acara adat Batak dan seremonial lainnya.

Dalam upacara adat Batak, tandok akan dijungjung di atas kepala oleh kaum ibu sambil menari tortor. Upacara adat Batak yang umumnya membawa tandok, yaitu pesta mangadati, mangongkal holi, upacara adat tardidi, pesta bona taon dan lain sebagainya.

Para penari Tandok/@pesonaid_travel

Adalah kebanggaan tersendiri bagi kaum perempuan, yang mampu berdiri anggun dengan manghutti tandok sambil manortor saat akan menyerahkan seserahan. Namun bagi yang tidak mampu melakukannya, bisa manghutti tandok dengan satu tangan untuk menahan. Bahkan ada juga kaum ibu yang sampai menggendong tandoknya karena sama sekali tidak bisa menjunjung tandoknya.

Wah, ternyata tidak semudah yang dibayangkan ya. Bahkan untuk menjunjung tandok saja diperlukan keseimbangan. Pasti sobat ada yang penasaran mau nyobain menjunjung tandok.

Jika dahulu tandok terbuat dari bayon atau pandan, saat ini sudah banyak alternatif lain sebagai bahan modifikasi untuk membuat tandok. Bahkan tandok saat ini sudah jauh lebih trendi tampilannya. Tandok zaman sekarang hadir dengan berbagai corak unik dan cantik. Bahkan tandok bisa disesuaikan dengan busana si pembawa tandok.

Tandok yang terbuat dari pandan/ist

Dan ternyata kekhasan manghutti tandok pada perempuan Batak, dimasa kini diabadikan oleh para kreator tari. Hingga muncul tari tandok yang beberapa waktu terakhir ini kerap ditampilkan dalam berbagai event dan kegiatan.

Seru dan kreatif ya sob, itulah sekilas tentang tandok yang merupakan wadah seserahan Khas Batak. Selanjutnya kita akan mengulas tentang aktifitas, “Mangaletek” di artikel berikutnya yah. *Jmh