Tobaria – Liburan akhir tahun menjadi momen yang sangat dinanti-nantikan untuk menjelajahi destinasi libur akhir tahun yang menarik.

Indonesia, sebagai negara kepulauan yang kaya akan keindahan alam, menawarkan berbagai danau yang memukau. Dari pemandangan eksotis hingga keunikan budaya sekitar, danau menjadi tujuan destinasi libur akhir tahun yang sempurna.

Sebagai satu diantaranya destinasi wisata super prioritas, Danau Toba selalu memiliki daya tarik untuk para wisatawan.

Siapa yang tidak mengenal Danau Toba yang berada di Sumatra Utara. Salah satu danau terbesar di dunia ini merupakan danau vulkanik yang memiliki pulau di tengah-tengahnya.

Di Danau Toba, banyak aktivitas seru yang bisa Anda lakukan, diantaranya yaitu :

1.Staycation di Hotel Dengan View Danau Toba

Tak hanya tempat wisata, namun begitu banyak penginapan yang memiliki paket lengkap dengan pemandangan langsung menghadap ke pinggiran Danau Toba.

Danau Toba International Cottage, terletak di Kota Parapat dengan letak pada ketinggian sebuah bukit di Parapat yang persis di jalur masuk antara Ajibata (Kabupaten Tobasa) dengan Parapat. Hotel ini menawarkan balkon dan kolam renang yang menatap Danau Toba.

Kelebihan lainnya di Hotel ini yaitu disini menyewakan fasilitas watersport kayak, kano, stand up paddle, banana boat, jetski dan juga menyewakan kapal untuk berkeliling menikmati keindahan Danau Toba.

2. Berkunjung ke Desa Wisata di Danau Toba

Selain memiliki keindahan alam yang masih terjaga, budaya di Danau Toba masih terjaga kelestariannya. Pelestarian budaya tersebut masih sangat Anda temui di desa wisata sekitar Danau Toba. Adanya desa wisata turut menjadi daya tarik pariwisata di sekitar Danau Toba. 

Di Desa Wisata Meat Anda bisa belajar martonun, atau membuat kain ulos bersama perempuan dari Desa.

Di Desa Wisata Hariara Pohan Anda bisa melihat perkebunan kopi, perbukitan alpukat, hingga menikmati keindahan bukit holbung yang membentang di pinggir Danau Toba.

Di Desa Wisata Jangga Dolok terkenal dengan wisata rumah adat Batak Toba Tertua, yakni Tobasa, yang umurnya 250-300 tahun.

Dan masih banyak lagi Desa Wisata yang bisa Anda kunjungi saat berada di Danau Toba.

3. Mencicipi berbagai makanan khas Danau Toba

Dengan pemandangan alam yang memanjakan mata, destinasi super prioritas yang satu ini juga dilengkapi berbagai makanan daerah yang memiliki cita rasa menggoda.

Saat berada di Danau Toba, Anda wajib mencicipi kuliner khas dan lezat yang ada di Danau Toba berikut ini!

  • Ombus-ombus, merupakan kue khas Silangit yang terbuat dari tepung beras dan tepung ketan yang diberi gula di bagian tengahnya. Jajanan khas Batak ini biasanya dibungkus dengan daun pisang dan ditaburi parutan kelapa untuk menambah cita rasanya. Dari segi tekstur, kue ombus-ombus terasa legit dan kenyal di bagian luarnya.
  • Mie Gomak, “Spaghetti” ala Danau Toba ini memiliki tekstur yang kenyal dengan ukuran yang lebih besar dari jenis mi lainnya. Mi gomak umumnya diolah menjadi dua macam hidangan, mi gomak kuah atau mi gomak goreng, dengan bumbu santan dan tambahan andaliman, asam patikala atau kecombrang sebagai pelengkap. Kamu bisa mendapatkannya di rumah makan yang ada di Danau Toba
  • Buat Anda pencinta kuliner pedas, pokoknya wajib banget mencicipi kenikmatan arsik, nih! Nggak sembarangan, arsik dianggap sebagai simbol doa dan berkat pada proses pernikahan adat Batak, lho. Kuliner nusantara yang terbuat dari ikan mas atau ikan nila ini, diberi bumbu kuning dengan cita rasa pedas dan asam yang khas. Sekali mencoba, siap-siap auto ketagihan, nih!
  • Tipa-Tipa, Camilan yang juga disebut “sereal ala Batak” ini sering dicari dan dibeli oleh wisatawan yang sedang berkunjung ke daerah Toba Samosir. Makanan ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membelinya di daerah Silimbat dan Porsea karena di sekitar tempat tersebut banyak yang menjual makanan khas ini.

4. Mengunjungi Destinasi Wisata dengan Kapal

Ada berbagai sarana transportasi yang bisa digunakan wisatawan untuk menikmati keindahan serta mengunjungi tempat-tempat wisata yang berada di kawasan Danau Toba. Bisa lewat jalur darat, juga bisa menggunakan Kapal Motor (KM) lewat danau.

Kurang afdol rasanya jika berkunjung ke Danau Toba tetapi tidak menikmati keindahan alamnya dengan menjelajahi Danau Toba menggunakan kapal.

Nah, bagi Anda yang tertarik memilih berwisata di Danau Toba menggunakan kapal, berikut destinasi yang bisa dikunjungi:

  • Air Terjun Situmurun, Lokasi Air Terjun Situmurun berada di Jonggi Nihuta, Lumban Julu, Hatinggian, Kabupaten Toba. Menuju air terjun hanya dapat di tempuh dengan menggunakan kapal motor. Di lokasi ini, wisatawan akan dimanjakan gabungan keindahan dari pesona Danau Toba dengan air terjun, serta suasana sejuk dan penuh kedamaian. Airnya bersumber dari sebuah mata air yang langsung jatuh ke danau.
  • Batu Gantung, terletak di sebuah tebing yang menghadap ke Danau Toba, dan terletak di bagian timur laut Pulau Samosir. Jika ingin berkunjung ke Batu Gantung, akses yang bisa ditempuh adalah dengan kapal motor. Saat menuju destinasi ini wisatawan juga akan disuguhkan pemandangan Danau Toba yang indah.
  • Desa Wisata Tomok, wisatawan bisa melihat kawasan Kampung Batak mulai dari rumah adat, patung Sigale-gale, dan pemakaman kuno Raja-raja Batak. Banyaknya makam dan benda-benda peninggalan zaman megalitikum dan purbakala menjadikan lokasi wisata ini sebagai salah satu situs kebudayaan Batak yang cukup terkenal di kalangan wisatawan.
  • Huta Siallagan, menjadi salah satu daya tarik wisatawan yang berkunjung ke Samosir. Kampung yang terletak di Desa Ambarita, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir ini menjadi titik awal sejarah peradaban penegakan hukum di Samosir pada zaman dahulu. Karena keunikan dan nilai sejarah yang menarik, membuat banyak wisatawan yang mampir ke Huta Siallagan.

Anda yang ingin menyewa kapal untuk berkeliling Danau Toba, cukup membuka aplikasi atau website BoatRia. Melalui aplikasi ini, pelanggan dapat membandingkan semua moda transportasi air ke wisata ke tujuan. Tarif yang telah disesuaikan diharapkan dapat membantu pelanggan untuk memilih moda transportasi sesuai dengan kemampuan Anda.

5. Bermain Kayak di Danau Vulkanik Terbesar

Ingin menikmati keindahan Danau Toba dengan cara yang baru? Bermain kayak di sekitaran Danau Toba adalah jawaban yang tepat. Tak perlu khawatir, olahraga air yang satu ini cocok untuk dilakukan bagi pemula dan tersedia variasi rute yang bisa dipilih sesuai keinginan Anda. 

Menjelajahi eksotisme Danau Toba dengan kayak akan terasa lebih berkesan karena suasana udara yang sejuk dan air danau yang tenang. Cocok banget bagi Sobat Pesona yang ingin menghilangkan rasa stress dan menyegarkan pikiran!

Kayak di Danau Toba disewakan mulai dari harga Rp 100.000/jamnya, Anda juga bisa memesan watersport ini di website atau aplikasi BoatRia.

Liburan #DiIndonesiaAja akan semakin berkesan jika Anda memilih destinasi mempesona yang tak terlupakan, seperti Danau Toba. Selamat berlibur! (*)